Home > Linux > Hari Pertama nge-Linux

Hari Pertama nge-Linux

ini hari sudah mulei malem. nggak bisa tidur, karena mikirin kantor. soalnya kenapa tau nggak?

beberapa waktu lalu, kantor tempat saya kerja yang pengguna komputernya lebih dari 200 orang, para pejabatnya ngadain meeting. topik meetingnya itu seputar “hak cipta”. denger-denger, pemilik kantor baru tahu kalau ternyata menggunakan komputer sangat tidak jauh dari urusan hak cipta. hasil meeting tersebut menyimpulkan: komputer lebih dari 200 dan semuanya pake software bajakan punyanya mr. gates. (sorry ya mr. gates).

karena pemilik perusahaan nggak pengen disebut pembajak, maka mereka menugasi saya untuk mencari solusinya. gampang aja, saya cuman bilang, “kalau gitu ya beli aja lisensi-nya”. total-total-total, dengan jumlah server 10 unit (win-nt + sql-server), pc 200 unit (win-xp + ms-office), didapatkan harga sekitar: 10*us$2,000+200*us$400=us$100,000.

“hah, us$100,000????????, itukan kira-kira sama dengan Rp. 1,000,000,000, seMILYAR?????” kata si-pemilik perusahaan. “ga salah itu nih?”

“kayaknya ya nggak salah itung pak, lha yang ngitung itu vendor yang nge-jual lisensi nya microsoft”, jawab saya.

“wah, cari alternatif laen dong, jaman gini, jaman susah. perlu efisiensi”, kata si-pemilik.

saya bilang lagi, “gini aja pak, kita beli lisensi secukupnya aja. yang bisa gratis, ya cari yang gratis. yang butuh lisensi, baru beli”.

singkat cerita, saya dipercaya untuk mencari solusi. akhrinya didapatlah oret-oretan, bahwa perusahaan cukup beli lisensi 5 unit (win-xp + ms-office). bagaimana dengan sisanya? ya, kita bisa pake LINUX.

si-pemilik tambah nggak ngerti apa itu LINUX. mereka malah ngebales dengan joke “apa? pegel linux?”. “pokoknya terserah kamu aja deh!”, tambahnya lagi.

masalah selanjutnya adalah, nyari dimana tuh si-linux. browsing-browsing, akhirnya nemu deh toko web yang jualan serba linux. mulei dari cd, buku, kaos, gelas, dan sebagainya yang tentu aja berbau linux. cukup dengan uang nggak lebih dari Rp. 100,000, saya pesen cd linux dan minta dikirim ke kantor.

nggak sampai 2 hari, pesanan dateng. bungkusan coklat berisi 4 dvd dengan keterangan 1 dvd FEDORA 7 + 3 dvd FEDORA REPO. wah apalagi nih maksudnya?

daripada banyak tanya dan banyak mikir, udah aja instal dvd yang ke-1. untung punya pc nganggur dengan spek AMD ATHLON 3000, memori 256.

1. nyalain komputer,
2. masukin dvd-1
3. ikutin aja, ok, ok, ok, ok, sampe selesai

nggak nyampe 30 menit, instalasi selesai. munculah jendela user:

dan ……
mulailah kebingungan selanjutnya.

itulah cerita “hari pertama nge-linux”.

Categories: Linux
  1. Faisal
    April 14, 2008 at 4:44 am

    Yah gitu deh Pak,pertama saya pegang linux juga kayak gitu >.< secara linux tuh banyak versi gak cuma fedora aja, masih banyak versi lain dan pasti nya butuh adaptasi lagi, beda dgn Microsoft yg di buat buat mudah dimengerti global alias yg gak ngerti2 banget bisa ngerti hahaha

    30774

    ya ya ya ya, tapi justru seninya di situ. saya jusru banyak ngerti sistem komputer setelah kenal linux. ok, selamat begelut dengan linux, dan selamat datang di dunia OPEN

  2. aji buyung
    September 17, 2008 at 8:46 am

    assalamualikum…
    masi ingat saya pak??:)wah…bapak ni bs jg becanda….he..he..he..
    saya punya backtrack 2.0, bapak mau coba???
    he..he..he..he…
    saya pnah coba pake tp masi blm ngerti masi mbulet pak, jd pegel linux beneran saya he..he..he…he..
    ya terpaksa balik ke windows
    walaupun bajakan (ups keceplosan……)he..h.e..he..

    Jelas inget lahhh, la wong kamu nggak pulang-pulang, kayaknya nongkrong di kampus mlulu, hehehe.
    backtrack? mmmm, boleh juga. lagian baru denger nih.
    tetap semangat!!!!!!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

