Home > Linux > Fedora 10, thanks friend!

Fedora 10, thanks friend!

Nggak kerasa udah setahun nggak update blog ini. Dan juga udah nggak kerasa sudah setahun ini saya menggunakan Linux Fedora 7 untuk aktifitas sehari-hari di depan komputer. Dan telah setahun ini juga komputer ini nggak pernah macet, atau kena virus. Saking busy-nya dengan kerjaan, sampai nggak sempat ngikutin perkembangan Linux di dunia ini. Sampai pada akhirnya ada seorang kawan memberi sebuah DVD Fedora 10. Cukup kaget juga, karena telah sadar, saya melewati Fedora 8, dan Fedora 9.

Hari ini hari PEMILU, hari santai dan juga merupakan weekend yang panjang. Karena Jum’at besok juga libur Nasional. Oleh karena itu, barulah kepikir untuk upgrade ke Fedora 10. Habis mencontreng, saya mulai menyalakan komputer di rumah, dan siap-siap buat upgrade OS.

Langkah awal yang paling penting adalah mem-backup seluruh data di PC dengan meng-copy ke hardisk external 500 GB saya. Cukup lama juga ya, hampir 30 menit proses backup selesai. Sebenarnya ada cara yang gampang untuk upgrade OS Linux, tapi saat ini saya lebih milih membersihkan hardisk dari 0. Resikonya saya harus install lagi program-program tambahannya. No problem.

Proses instalasi dimulai, dan dengan tinggal klik-klik-klik-klik, nggak sampai 30 menit, selesai sudah proses instalasi Fedora 10. Nah, tampilan desktopnya seperti ini kira-kira:

fedora10

Saya mulai nyoba-nyoba, mmm banyak sekali improvement nya, termasuk paket OpenOffice versi 3, yang sebelumnya saya menggunakan versi 2.2 di Fedora 7. Juga Firefox 3 yang lebih manis, Thanks Friend!

Categories: Linux
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

