Home > Linux > Konversi file .flv ke .mp3

Konversi file .flv ke .mp3

Waktu saya menjelajah di dunia YouTube, ternyata banyak video-video klip yang saya suka, khususnya musik-musik di tahun 1980an. Karena saya suka dan YouTube membolehkan, saya mendownload file-file tersebut. Lagian kalau nggak boleh, ngapain orang-orang meng-upload file-file ke situ. Anyway saya sudah banyak mendapatkan lagu-lagu jaman dulu.

Udah gitu, baru kepikir, kayaknya perlu untuk di konversi ke mp3, supaya bisa didengerin di tape mobil (yang support mp3), handphone atau blackberry saya. Asiknya, Linux menyediakan fasilitas itu.

Yang pertama, perlu 2 file program, yaitu:
1. ffmpeg; program ini bertugas mengkonversi dari .flv ke .wav
2. lame; program ini bertugas mengkonversi dari .wav ke .mp3

Biasanya, instalasi awal tidak menyediakan ke 2 file tersebut, sehingga kita harus menginstalasi. Seperti biasa, dengan mudah kita cukup menggunakan yum:

# yum install ffmpeg lame

Perintah di atas akan meng-install ke dua file tersebut. Kemudian, mulai kita coba untuk mengkonversinya.

Sebagai contoh, file yang akan dikonversi adalah b_sonata_hati_yang_luka.flv,

$ ffmpeg -title 'Hati Yang Luka - Betharia Sonata' -i b_sonata_hati_yang_luka.flv -acodec pcm_s16le -ac 2 -ab 128 -vn -y b_sonata_hati_yang_luka.wav

$ lame --preset cd b_sonata_hati_yang_luka.wav b_sonata_hati_yang_luka.mp3

Selesai.

Categories: Linux
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

