Home > Linux > Fedora 11: Install HP Laserjet 1020, Problem? Of course NOT!

Fedora 11: Install HP Laserjet 1020, Problem? Of course NOT!

Pada Fedora sebelumnya (FC10 ke bawah), paket installer Fedora tidak menyediakan library untuk printer HP Laserjet 1000 dan keluarganya (1000, 1020, dll). Saya masih tidak tahu kenapa, padahal printer ini sangat populer di awal tahun 2000an. Seingat saya, saya membeli printer HP 1000 di tahun 2001, dan HP 1020 di tahun 2004, dan tentu saja sampai sekarang masih digunakan.

Solusinya, agar printer ini bisa dikenali linux, beberapa trik khusus telah banyak ada diinternet. Dan tinggal ikuti dan pasti berjalan dengan baik. Hanya saja yang saya temui ketika di Fedora 11, paket ini telah menyediakan daftar printer ketika kita menambahkan printer. Saya sudah senang saja, karena tidak perlu menjalankan beberapa trik khusus seperti di Fedora sebelumnya.

Apa yang terjadi? Ketika penambahan printer selesai (HP 1020), dan melakukan “Test Printing”, ada error message yang menjelaskan bahwa Format tidak bisa dikenali. Dan test pencetakan selalu gagal.

Screenshot-Change DriverDari pada kelamaan mikirin ini, saya kemudian menginstall library/driver yang biasa saya gunakan sebelumnya.

# yum install foo2zjs

setelah itu lakukan penambahan printer dari awal, agar daftar library di-reload.

pilih, HP > Laser 1020 dan driver yang di-sediakan oleh foo2zjs.

Sipps, printer berjalan dengan baik.

Categories: Linux
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

