Home > Linux, Network > Fedora 13: Asiknya berselancar di Nokia N900

Fedora 13: Asiknya berselancar di Nokia N900

Saya sangat tertarik dengan Nokia N900. Kenapa, karena itu baru pertama kali nya saya ketemu dengan Linux yang digunakan sebagai basis sistem Smartphone. Nokia N900 menggunakan Linux dengan nama Maemo yang masih turunan Debian (untuk selanjutnya bisa dibaca di http://www.maemo.org). Setelah saya mendapatkannya, yang paling pertama saya coba adalah bagaimana koneksi Internet menggunakan Nokia N900. Seperti yang sudah-sudah, Nokia cukup rumit untuk digunakan sebagai modem Internet di lingkungan Linux.

Logikanya, karena ini sama-sama Linux, mestinya tidak serumit yang sebelum-sebelumnya. Saya kemudian menghubungkan Notebook (dengan OS Fedora 13) ke Nokia N900 dengan kabel data yang tersedia. Begitu tertancap, ada pilihan muncul di N900: “Mass Storage Mode” atau “PC Suite Nokia Mode”. Saya memilih “PC Suite Mode”, lalu tiba-tiba muncul di NetworkManager, koneksi Broadband yang langsung mengenali bahwa saya  menggunakan Matrix dari Indosat. Klik “Next” dan “Apply”. Setelah itu, klik Matrix di daftar menu NetworkManager, dan Sukses.

Koneksi Internet N900 dan Notebook

Koneksi Internet N900 dan Notebook

Saya dapat menikmati koneksi 3G nya Indosat. Dan tidak seperti sebelumnya, baik Notetbook dan N900 dapat melakukan browsing saat bersamaan. Bagi pecinta Linux, Nokia N900 bisa menjadi pilihan utama dalam membeli Smartphone. Viva Nokia!.

Categories: Linux, Network
  1. MIB_Agent
    January 3, 2011 at 6:03 pm

    emang n900 bisa menangkap sinyal 3G nya indosat yah? mantaps deh, nais share gan!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

