Home > Tulisan Serius, Zyx (Lain-lain) > Kreatifitas Untuk Kita

Kreatifitas Untuk Kita

Kalau kita sedang bicara tentang kreatifitas, inti pembicaraan sebenarnya bagaimana kita selalu mencari hal yang terbaru dan yang lebih baik dalam segala hal. Banyak orang yang terkotak kalau kreatifitas itu tidak lebih dari penciptaan produk-produk yang dijual, barang-barang seni, menggunakan barang bekas menjadi barang yang bernilai, dan sebagainya. Mengapa?, karena itu adalah hal-hal yang terlihat dengan mudah.

Bagaimana dengan hal-hal yang tidak mudah terlihat? Seperti strategi perang, menciptakan model baru dalam pemasaran, Pierre Odmidyar punya uang lebih dari 10 Trilyun sekarang, hanya karena merubah cara menjual barang yang berbeda dari umumnya (eBay.com). Tidak terlepas dari kita semua, profesi guru juga rupanya dituntut untuk selalu mencari cara terbaru agar proses pembelajaran lebih cepat, menarik dan efisien.

Dan, tentu saja, pencarian cara terbaik dalam kelas tidak akan pernah berhenti. Perubahan masa, budaya, lingkungan sangat jelas merubah gaya belajar siswa. Gaya belajar tahun 50an berbeda dengan gaya tahun 80an, apalagi tahun 2010an.

Sekolah, bukan lagi hal yang diidam-idamkan oleh masyarakat. Kecenderungan para orang tua saat ini, tidak lagi bangga apabila anaknya mempunyai gelar yang banyak. Coba saja, tengok ke beberapa teman dekat kita yang akan menikahkan anaknya. Mereka tidak lagi bertanya apakah calon mantunya sarjana atau bukan, tapi mereka lebih ke “sudah mapan atau belum”. Sedangkan mapan saat ini tidak lagi hanya ditentukan oleh sekolah yang tinggi. Para orang tua bukan lagi bangga kalau anaknya wisuda, tetapi mereka lega karena membiayai sekolah sudah berhenti. Itulah fenomena yang terjadi.

Nah, kalau dari awal kondisi, motivasi siswa dan orang tua dalam sekolah sudah berubah, tentu tugas kita semua adalah bersama-sama mencari cara bagaimana menemukan gaya belajar yang pas sesuai masanya.

Jadi kita harus menghasilkan cara-cara alternatif yang mungkin diciptakan dalam kelas agar proses pembelajaran lebih baik dan sesuai masanya.

  1. adel
    November 15, 2010 at 1:32 pm

    tulisannya inspiratif🙂

  2. soekardjo
    November 15, 2010 at 1:33 pm

    bagimana cara memotivasi siswa pak? bisa dishare dengan kami? terimakasih

  3. November 15, 2010 at 1:35 pm

    “Jadi kita harus menghasilkan cara-cara alternatif yang mungkin diciptakan dalam kelas agar proses pembelajaran lebih baik dan sesuai masanya.”

    … contohnya?

    • November 15, 2010 at 1:37 pm

      mungkin salah satu contohnya adalah memanfaatkan teknologi internet, ya seperti blog ini🙂

      salam

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: