Home > Zyx (Lain-lain) > Perempuan dan Teknologi Informasi

Perempuan dan Teknologi Informasi

Kata perempuan memang sangat indah untuk dibicarakan, seperti dalamnya samudra yang seakan-akan tidak ada batasnya. Pada tulisan ini saya mencoba menuangkan tentang perempuan dalam kaitannya pada teknologi informasi (untuk selanjutnya disingkat TI).

Perkembangan TI yang begitu cepat, telah merubah cara hidup seluruh manusia di muka bumi. Dari mulai belajar, bekerja, hiburan sampai bisnis. Dari fenomena ini, saya coba mengambil 2 peran penting dalam TI yaitu: pengembang TI dan pengguna TI.

Yang pertama, ketika kita bicara pengembang TI dunia, peran perempuan hampir tidak terlihat. Tokoh-tokoh yang dibahas banyak media hampir semuanya adalah laki-laki. Sebut saja: Bill Gates, Steve Jobs, Richard Stallman, Mark Zuckerberg, Jeff Bezos, Sergey and Larry, dan masih banyak lagi. Untuk di Indonesia, ada Onno Purbo, Roy Suryo, Made Wiyarna, Rusmanto, Budi Raharjo, dan masih banyak lagi, semuanya kan laki-laki.

Mitchell Baker, CEO Mozilla Corporation, adalah salah satu dari sedikit tokoh perempuan TI dunia. Dia sendiri sering ditanya oleh banyak orang, “it feels like to be one of the few women with a leadership role in information technology world”. Dia menjawab “I don’t know”, dan “Seharusnya TIDAK demikian, banyak yang bisa dilakukan perempuan dalam kepemimpinan TI”.

Rachel Sklar yang juga CEO perempuan di situs microblogging raksasa Six Apart, menulis tentang “Perempuan Terlalu Sedikit dalam Teknologi Informasi”. Dia menjelaskan bahwa perempuan adalah telah menjadi bagian dalam komunitas teknologi. Kita sebaiknya tidak saling menyalahkan mengapa hal ini bisa terjadi, dan berupaya untuk meningkatkan peran kepemimpinan perempuan TI di masa depan. Saya akan terus menulis tentang kurangnya perempuan di TI.

Sampai sekarang saya sendiri belum pernah menemukan tokoh perempuan Indonesia yang muncul di media. Mungkin ini adalah alami jika perempuan tidak banyak berada di ranah teknologi. Jadi ini bisa jadi PR bagi perempuan untuk dapat menjadi tokoh dalam TI biar tidak terlihat gersang.

Yang kedua adalah tentang pengguna TI. Di tahun 2010, lalu beberapa artikel menjelaskan bahwa 70% pengguna BBM adalah perempuan, dan 50% dari itu adalah perempuan rumah tangga, bukan kantoran. Pengguna Facebook tercatat 72% adalah perempuan. Jadi kalau saat ini member facebook ada 680juta berarti hampir 500juta adalah perempuan. 68% dari seluruh transakasi online juga perempuan (sumber: witeger.com. e-Stats.com).

Belum lagi, sebagian besar pekerja kantoran juga dipenuhi oleh kaum perempuan, yang saat ini semuanya menggunakan perangkat TI dalam pekerjaannya.

Nah, memang kalau bicara masalah pengguna teknologi informasi, kaum laki-laki memang tidak bisa unjuk gigi, karena lebih dari 70% didominasi oleh perempuan. Sangat wajar, karena separuh lebih penduduk bumi ini adalah perempuan.

Tidak hanya berhenti disini, masih sangat banyak yang bisa dibicarakan tentang kaitannya perempuan dan TI. Dari kecenderungan yang ada, seharusnya perempuan sekarang sudah bisa menjadi tokoh TI, karena sebagian besar penggunanya adalah perempuan.

Perempuan juga sangat bisa menjadi pebisnis di jalur TI (e-Commerce, e-Business) karena dia lebih tahu produk dan layanan apa yang diminati oleh para perempuan.

Dan yang jelas, kaum perempuan sangat bisa juga untuk mengendalikan ekonomi dunia, dan politik. Coba lihat saja kasus Prita, dimana kaum perempuan lewat facebook yang dengan mudah menggalang dana 2.5ton uang receh tidak lebih dari 1 bulan.

**Tulisan ini menjadi bahan Talkshow di RRI Malang, 22 Maret 2012 15:00

Eddy Suprihadi, STIE Malangkucecwara

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: