Home > Linux > Screen untuk Remote SSH

Screen untuk Remote SSH

Saya mempunyai server yang bisa saya remote dari rumah. Ketika saya mempunyai sebuah aplikasi yang harus saya jalankan, awalnya menjadi masalah. Karena ketika session ssh putus, aplikasi tersebut juga berhenti.

Dunia Linux memang sudah dirancang untuk hal tersebut. Saya menggunakan aplikasi screen dan aplikasi dengan mudah dijalankan.

Untuk menginstall aplikasi screen, bisa gunakan

# yum install screen

OK, untuk menjalankannya gunakan perintah

$ screen

dia akan membentuk sebuah session ssh terminal. Kita bisa jalankan sebuah aplikasi disini.

Untuk melihat session screen yang aktif:

$ screen -ls

Untuk konek ke session yang telah ada, gunakan

$ screen -r nama_session

nama_session bisa dilihat dari screen -ls tadi.

$ ctrl+a d

Untuk keluar dari session (detached).

Selamat mencoba.

Categories: Linux
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

